Kelanjutan Surat Terbuka Untuk Roy Suryo


Ternyata surat terbuka yang ditujukan kepada Roy Suryo mendapatkan tanggapan dari yang bersangkutan. Roy Suryo mengatakan “Dengan sangat senang, yang disebut ‘Dialog Terbuka’ adalah diskusi secara nyata dan bertanggung jawab,” kepada okezone pada hari Selasa (1/4/2008) melalui pesan singkat.

Namun ada sedikit yang agak mengherankan, dalam berita pada okezone, dituliskan

Roy memastikan siap hadir dalam acara itu secara profesional seperti layaknya acara seminar. “Tolong mereka menyiapkan tempat umum yang ilmiah seperti kampus, diliput media, dan hadir secara nyata. Saya tidak melayani diskusi maya,” tegas dosen UGM Yogyakarta itu.

Perlu diperhatikan kalimat “diliput media” tercetus dari Roy Suryo,apakah tujuan dari kalimat itu? Apakah diliput media itu wajib hukumnya? Hanya yang bersangkutan yang dapat memahaminya, namun menurut saya pribadi kalimat “diliput media” tidak perlu diucapkan jika memang tujuan dari seorang pakar untuk melakukan dialog yang bersifat edukasi, karena dengan diliput atau tidaknya dialog tersebut tidak akan mempengaruhi isi dari diskusi yang terjadi, kecuali memang ingin dibuat suatu skenario dan bertujuan untuk menaikan popularitas seseorang.

Namun tidak hanya sampai disana saja, orang yang mengajukan surat terbuka kepada Roy Suryo pun menanggapi ungkapan dari Roy Suryo tersebut. Blogger yang bernama Riyogarta tesebut mengatakan siap untuk berdialog dengan Roy Suryo dan beliau menambahkan untuk tempat dan waktu, Roy Suryo diminta untuk menetukan karena Riyogarta menggagap Roy Suryo memiliki jadwal yang sangat padat, seperti yang diungkapkannya kepada okezone pada hari Selasa (1/4/2008).

“Saya ingin bertemu dengan Roy Suryo melalui dialog secara terbuka, tidak di dunia maya. Silahkan beliau yang menentukan tempat dan waktunya, kan beliau yang punya waktu padat. Saya akan berusaha memenuhi undangan tersebut,”

Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada:

Saya sangat mengaharapkan dialog ini terwujud, selain untuk memecahkan permasalahan atas statement-statement dari Roy Suryo atas para blogger, dialog ini akan menjadi satu bukti nyata demokrasi di negara Indonesia yang beradab, yaitu menyelesaikan masalah dengan jalur dialog bukan kekerasan.

2 thoughts on “Kelanjutan Surat Terbuka Untuk Roy Suryo

Komentar ditutup.