Laporan Diskusi Terbuka: Membuat Blogger Positif Untuk Indonesia


Perhatian: Perkataan dari pihak-pihak terkait pada dialog terbuka ini, dalam penulisan ini tidak 100% sama seperti yang diucapkan karena berbagai keterbatasan, namun saya tetap berusaha untuk menjaga agar yang diucapkan dan yang saya tulis memiliki inti yang sama. Apabila ada kesalahan dan ketidak tepatan, saya mohon diberitahukan untuk diperbaiki.

Hari ini 11 April 2008 mungkin hari yang cukup bersejarah terutama di dunia IT Indonesia dan juga merupakan bukti nyata dari demokrasi di tanah Indonesia. Dialog terbuka yang motori oleh seorang blogger Riyogarta untuk secara langsung berdialog dengan seorang pakar Roy Suryo. Acara dialog, sesuai dengan tulisan saya sebelumnya, yaitu FORWARD: Undangan Dialog Terbuka Untuk Sdr. Roy Suryo, diadakan di Kampus Pusat Universitas Budi Luhur Gedung Theater lantai 4 mulai pukul 09:00 sampai 11.45 (acara tidak seperti yang dijadwalkan berakhir pada pukul 11:00 karena diskusi yang sangat menarik :D). Dialog ini dimoderatori oleh Abimanyu yang ternyata ngeblog juga di awam.multiply.com, tapi tenang, beliau tetap bersikap netral. oh ya, acara ini juga disiarkan langsung streaming oleh BINUS University, melalui sitenya http://www.binus-access.com/bee-watch/

Dialog yang diawali dengan pertanyaan Riyogarta mengenai pernyataan Roy Suryo mengenai ungkapannya tentang blogger dan hacker berlaku negatif yang dipublikasikan oleh detikinet pada Kamis, 27 Maret 2008 pukul 11:04 WIB dengan judul Roy Suryo: Pelakunya ‘Mereka’! Tunggu Aksi Saya. Dengan cukup panjang Riyogarta membahas mengenai siapa itu blogger dan hacker dan menurut pendapat Riyogarta pada umumnya blogger dan hacker tidak berbuat yang seperti dituduhkan Roy Suryo bertindak negatif yaitu pada kasus itu adalah deface situs depkominfo. Roy Suryo menjawab bahwa memang blogger dan hacker tidak melakukan hal-hal negatif namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada blogger yang melakukan hal-hal negatif seperti menulis pencemaran nama baik, cacian, makian dan lainnya. Namun permasalahan yang dipermasalahkan oleh Royogarta adalah dengan adanya pemberitaan di detikinet tersebut, kesan yang ada terhadap blogger dan hacker adalah orang-orang yang suka merusak (misal deface dan lainnya). Pada berita tersebut tertulis

Siapa ‘mereka’ yang dimaksud Roy? “Kelompok blogger dan hacker yang selalu bertindak negatif adalah pelakunya.

Roy Suryo Sedang Memberikan PenjelasanLalu Roy Suryo menanggapi bahwa sebenarnya yang diungkapkan dirinya tidak seperti itu, yang benar adalah ada beberapa blogger dan hacker yang melakukan hal negatif, jadi bukan semua blogger dan hacker. Tapi pada pemberitaan tidak terlihat seperti apa yang Roy Suryo katakan, dan Roy Suryo mengatakan bahwa media yang memelintirnya dan beliau menegaskan bahwa dia mempunyai bukti rekaman atas semua wawancara sehingga jika memang ingin dibuktikan kebenaran ucapan Roy Suryo bahwa media yang memelintirnya, beliau siap untuk membuktikannya.

Dialog terus berlangsung dengan sangat seru dan diselingi guyonan dari sang moderator yang menyegarkan suasana. Lalu ada hal yang cukup menarik dari dialog ini. Sebelumnya menuruRiyogarta motor dari dialog terbukat Roy Suryo mengapa dirinya tidak ngeblog, karena menurutnya ngeblog atau tidak itu adalah pilihan, Roy Suryo lebih memilih menyampaikan sesuatu (berkomunikasi) yang dapat langsung dilihat dan diketahui masyarakat semisal wawancara, dialog, atau diskusi di media massa seperti televisi ataupun radio karena baginya informasi yang diberikannya bisa langsung diketahui dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dan Roy Suryo juga membuka nomor HP-nya kepada umum dengan nomor 0811 28 28 11 agar segala sesuatu yang ingin ditanyakan atau apa pun itu kepada dirinya dapat disampaikan langsung kepada dirinya dan dia pun dapat memberi jawaban secara personal. Misal ada yang ingin bertanya A kepada Ro Suryo, bisa langsung SMS ke beliau dan dengan sengan hati Roy Suryo akan membalasnya. Tapi mohon maaf saya tadi lupa mencatat nomor HP Roy Suryo jadi saya tidak bisa menuliskan nomornya, mungkin bisa dicari di Google atau pihak lain.

//roy.suryo.infoKembali ketulisan saya, hal menarik yaitu ketika suasana semakin “memanas” dalam dialog tersebut, Riyogarta menghadiahkan sebuah account blog di http://roy.suryo.info, ini merupakan tantangan langsung kepada Roy Suryo untuk blogging, Roy Suryo menerima account tersebut, namun kemungkinan beliau tidak akan menggunakannya karena seperti yang dia katakan bahwa itu adalah pilihan dan jika seorang Roy Suryo memilih untuk tidak ngeblog, ya itulah pilihan dirinya , tidak ada yang bisa mengaturnya. Hal yang melandasi pemberian hadiah dari Riyogarta tersebut adalah jika ada dari statement-statement dari Roy Suryo yang diplintir oleh media, Roy Suryo dapat melakukan koreksi melalui blognya itu, namun kembali Roy Suryo menegaskan bahwa itu adalah pilihan ingin ngeblog atau tidak.

Dialog semakin lama semakin seru dan karena keterbatasan waktu, saya yakin masih banyak yang tidak terpuaskan akan dialog tersebut. Dan saya juga tidak dapat memperpanjang tulisan ini lagi, mohon maaf atas banyaknya kekurangan. Namun diakhir tulisan ini saya ingin sedikit berpendapat, yaitu hal yang saya sayangkan terhadap Roy Suryo adalah mengapa beliau, secara tidak langsung, membiarkan apabila ada statement darinya yang diplintir???? Jika statement tersebut menyangkut dirinya, itu tidak akan jadi masalah karena yang terkena dampaknya adalah dirinya sendiri, namun karena yang terkena dampaknya adalah pihak lain, menurut saya pribadi, Roy Suryo wajib meluruskannya, entah itu melalui confrensi pers, buat blog atau apa pun bentuknya. Dan saya sangat menyayangkan Roy Suryo mengatakan dirinya bisa sangat lelah jika harus selalu mengoreksi semua media apa bila ada pemelintiran, karena seperti yang Roy Suryo bilang, semua adalah pilihan, Roy Suryo memilih bicara di media masa, seharusnya beliau siap resikonya untuk berlelah-lelah ria memperbaiki jika terjadi pemelintiran yang dilakukan media terhadap statementnya karena itu adalah pilihan seorang Roy Suryo untuk berbicara di publik.

Riyogarta-Abimanyu-Roy Suryo

Saya mohon maaf jika banyak kekurangan atas tulisan ini, dan juga ucapkan salut kepada Roy Suryo dan Riyogarta serta Abimanyu sebagai moderator.. dialog ini sangat bagus. Ini adalah buktinya demokrasi yang sebenarnya, perbedaan pandangan, pendapat dan lainnya didiskusikan dengan cara yang mendidik. Diharapkan dialog-dialog seperti semakin banyak dilakukan, bukan hanya dalam bidang IT aja tapi juga sosial, budaya, hukum, bahkan sampai agama karena selama manusia memiliki akal pikiran, pasti akan ada perbedaan dalam berbagai hal dan perbedaan itu seharusnya menjadi warna dalam hidup bukan sebagai pemicu kehancuran bangsa.

STREAMING VIDEO: DIALOG TERBUKA: MEMBUAT BLOGGER POSITIF UNTUK INDONESIA

DOWNLOAD VIDEO: DIALOG TERBUKA: MEMBUAT BLOGGER POSITIF UNTUK INDONESIA

7 thoughts on “Laporan Diskusi Terbuka: Membuat Blogger Positif Untuk Indonesia

  1. haha…
    inilah indonesia, jauh lebih sungkan berbicara langsung drpada dibelakang.
    tp anyway, semoga dgn penjelasan kang mas KDRT RS bisa mencairkan suasana.
    nextnya, kita harapkan sang ‘pakar’ itu lebih prudent dan hati2 mengggelontorkan pernyataan di media massa

  2. jadi pingin tahu juga **penasaran karna rame di blog*.. Googling seputar dialog tidak menemukan, malah ketemu web aneh yang bikin bingung.. apa ini yang dinamakan kontroversi”

    hxxp://id.wikipedia.org/wiki/Roy_Suryo
    hxxp://tolololpedia.wikia.com/wiki/Roy_Suryo

    numpang donlot – dan makasih infonya..

  3. @rivauziah… hehehehe… yg bikin binun yg mana yahh??? pendapat org pasti beda2 mo negatif atau positif itu hak pribadi..😉

  4. wah dari pada ribet mending ningkatin Page Rank aja deh… lagi meningkatkan PR-3 ning semoga langsung ke PR-10 dan terus bertahan amien…😀

  5. Hmm it looks like your website ate my first notice (it was super long) so I guess
    I’ll just sum it up what I submitted and say, I’m carefully enjoying
    your blog. I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to everything.
    Do you have any points for newbie blog writers? I’d really like
    it.

Komentar ditutup.