Ketika Penjurian INAICTA 2008


logo INAICTA 2008

Dag.. dig.. dug.. tanggal 25 Juli 2008 kemarin sekitar pukul 11-an saya dan tim saya (Tim Djedjaka) menghadapi penjurian INAICTA 2008. Pada penjurian itu seperti dalam tulisan saya sebelumnya saya ikut serta dalam kategori tourism. Dalam event ini saya dan tim mewakili kampus kami, BINUS University.

Dalam penjurian ini yang paling unik adalah semua perwakilan BINUS berpakaian sesuai dengan karya yang dibuatnya, misal teman-teman kami yang buat software bernama NINJA Translator, yaitu translator untuk bahasa Jepang, mereka ketika penjurian di hari pertama menggunakan pakaian khas Jepang, Yukata. Dan begitu pula tim saya, kami karena dalam kategori tourism membawa tema Jakarta, kami pun ber pakaian ala Abang Jakarta.. hahaha.. lucu juga seh..😛 untuk foto-fotonya mungkin menuyusul soalnya fotonya belum di resize.. hehehe.. klo upload terlalu gede males nuggunya.

ID Card INAICTA 2008
ID Card INAICTA 2008

Balik ke masalah penjurian, pada penjurian itu, saya yang presentasi dan dari kampus minta saya pake bahasa Inggris.. grrrr… ngomong pake bahasa Indo aja tuk presentasi msh suka gugup, apa lagi pake English? alhasil presentasinya pake bahasa Inggris versi saya.. hahahaa.. dibilang rapi.. lumayan, dibilang berantakan.. hahahaha sepertinya begitu..😀 Lalu setelah presentasi, para juri mengajukan beberapa pertanyaan. Oh ya lupa, proyek yang saya bawa ke INAICTA 2008 ini bernama Djedjak DJakarta dan itu adalah sebuah website interaktif tentang sejarah kota Jakarta. Dan kami menyebut Djedjak Djakarta ini dengan i-History (interactive History). Jadi karena tema kami sejarah Jakarta dan penampilan kami pun telah bergaya ala Abang Jakarta, juri pun bertanya sekitar sejarah Jakarta, walau ada pertanyaan dari sisi bisnis.

Yang paling menegangkan adalah ketika seorang juri meminta kami live demo karena demo sebelumnya hanya berupa video yang mendemokan penggunaan website Djedjak Djakarta. Jadi pada saat itu, laptop yang telah saya siapkan untuk presentasi dan live demo tiba-tiba browser-nya tidak bisa bekerja dengan semestinya, untuk pindah-pindah halam saja tidak bisa, sudah di refresh beberapa kali tetap tidak bisa, dan juga sudah coba dari yang telah di-host sampe yang di localhost juga tidak bisa bekerja. Kepanikan mulai muncul. Gimana tidak panik sebelum masuk ruangan saya sudah berkali-kali coba dan semuanya berjalan dengan semestinya, namun kenapa pas diminta juri jadi ga bisa bekerja????

Namun untungnya kami telah menyiapkan laptop cadangan, yang memang sengaja dipersiapkan untuk menghadapi hal-hal tak terduga seperti ini.. dan… HUPLA… demo bisa berjalan dengan lancar.. fuih… ketegangan berakhir.. hehehehe.. dan setelah jawab beberapa pertanyaan akhirnya waktu penjurian habis dan kami mendapat tepuk tangan dari juri, walau tidak tahu arti tepuk tangan itu.. tapi buat saya pribadi itu cukup membanggakan dan ditambah ketika saya bersalaman dengan para juri, ada seorang juri berkata “Bagus..bagus.. karya kamu bagus..”.. walau belum tahu keputusannya, tapi saya tetap bangga.. usaha yang telah kami lakukan tidak sia-sia.. saya menganggap walau baru sampai tahap ini (penjurian tahap 2) saya merasa sudah cukup menang.😉 (tp klo bisa seh masuk 5 besar biar bisa pameran di JCC.. hehehe.. trus klo bisa lagi, jadi juara.. hahahaha)

Segitu saja tulisan pengalaman saya di penjurain INAICTA 2008 ini, untuk foto2nya akan saya post selanjutnya, sabar-sabar ya…

7 thoughts on “Ketika Penjurian INAICTA 2008

  1. Good job pas presentasi di sana Haidar! Perasaan gugup pada latihan presentasi beberapa hari sebelumnya hilang tak berbekas pada kesempatan kali ini😀 Semoga tembus deh.

  2. Ini baru namanya kreatif, tapi dirimu tak mengajak2, siapa tau kn gw bisa kasi ide ciamik skaligus bantu2…
    Hayughlah diatur yuuuuu

  3. @bang fako, pengumuman da keluar tuhh baca de di tulisan selanjutnya..😉

    @gita, hehehe bukannya ga ngajak dikau, tp mang itu dadakan.. klo kmu mo ikutan, aku ada rencana ngembangin lg situs Djedjak Djakarta spy lebih baik lg, dan target taun depan di masukin lg ke INAICTA 2009.. nanti klo aku da mulai ngerjain aku kbrin lg..

Komentar ditutup.