Aplikasi Office Alternatif: IBM Lotus Symphony


Dunia aplikasi office kembali diramaikan oleh datangnya pemain baru yang bukan baru lagi. Yups, sesuai dengan judulnya, IBM kembali bermain di aplikasi office. IBM sebenarnya bukan pemain baru, dan produknya pun juga bukan barang baru. Lotus namanya, mungkin bagi yang bermain komputer jaman dahulu kala, sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini Lotus yang sangat dikenal yaitu Lotus 1-2-3. Sekarang Lotus dari IBM ini datang kembali dengan wajah baru, dan pastinya sudah bukan under DOS lagi:) .

Dengan nama lengkap IBM Lotus Symphony versi 1.1 telah hadir dan dapat di-download di websitenya. Lotus Symphony ini membundel tiga aplikasi office, yaitu word processor (IBM Lotus Symphony Documents), spreadsheet (IBM Lotus Symphony Spreadsheet), dan presentation (IBM Lotus Symphony Presentation). Yang saya suka dari Lotus Symphony ini adalah ketika ingin membuka dua atau lebih aplikasi office, tidak perlu membuka banyak windows karena ketiga aplikasi office tersebut berada dalam satu windows, tidak seperti OpenOffice yang membuka aplikasi office berbeda, maka kembali membuka windows baru. Apalagi jika dibandingkan dengan Microsoft Office yang harus membuka aplikasi baru dari shortcut-nya. Sistem yang dipakai pada Lotus Symphony untuk membuka banyak dokumen dengan sistem tab, sama seperti sistem browser sekarang ini (Firefox, IE7, Opera) sehingga memudahkan perpindahan ketika harus kerja dalam beberapa aplikasi office berbeda.

Selain itu kelebihan lainnya adalah lisensinya yang gratis sama seperti OpenOffice. Untuk tampilannya juga bagi saya cukup menarik, properties yang terletak di sisi kanan memudahkan untuk merapikan pekerjaan. Dan baru saja saya menyadari bahwa ternyata Lotus Symphony ini juga membundel browser di dalamnya, sangat menarik. Saya membayangkan ketika saya bekerja dengan word processor dan harus mengambil sumber dari Internet, saya tidak perlu lagi membuka browser lain dan tidak ada lagi pindah-pindah window antara aplikasi office dan web browser.

Format dokumen yang dapat di-support oleh Lotus Symphony antara lain OpenDocument (ODF), Microsoft Office (doc, xls, ppt) dan Lotus SmartSuite, namun untuk format Office Open XML (docx, xlsx, pptx) yang dipakai oleh Microsoft Office 2007 belum didukung. Dan kelebihan lainnya yaitu IBM Lotus Symphony telah men-support eksport ke format PDF.

Kesimpulan dari saya aplikasi IBM Lotus Sympony ini sungguh sangat patut diacungi jempol. Dan dari kabar yang didapat, IBM Lotus Symphony v2.0 akan membundel aplikasi office lainnya seperti database software, drawing dan equation editor.

Download IBM Lotus Symphony

Thaks to:

3 thoughts on “Aplikasi Office Alternatif: IBM Lotus Symphony

  1. Menarik juga nih. Kalo bener versi 2 nya lebih lengkap dan mendukung format office open XML, kayaknya software ini bakalan banyak dipake orang selain OpenOffice sebagai alternatif software office gratisan.

  2. ada equation editor ngga buat bikin rumus2, saya org tekhnik mau coba nih. masih proses download sympony***.deb 97% :)

Komentar ditutup.