Data Siswa-Siswi Indonesia Tidak Aman


Beberapa saat lalu saya melihat sebuah berita di detikinet.com yang mengatakan bahwa Diknas mengumbar data siswa-siswi Indonesia. Pada awalnya saya belum percaya, namun setelah mengunjungi dan mencoba langsung men-download data siswa-siswi tempat saya dulu menuntut ilmu (SMAN 21) dan hupla.. saya telah mendapatkan informasi yang cukup berharga salah satu diantaranya adalah alamat sang siswa/siswi. Luar biasa sebuah departemen milik negara membuat sebuah sistem yang seperti ini. Bagaimana jika saya seorang penjahat? Saya sudah punya nama, alamat, tanggal lahir dan juga kelas tempat sang siswa bersekolah, apa pun bisa saya lakukan sebagai penjahat.

Saya mohon kepada pihak-pihak yang bersangkutan untuk membenani hal ini karena hal ini sungguh sangat berbahaya baik bagi siswa, maupun keluarga siswa tersebut.

Mohon maaf saya tidak mempublikasikan URL dimana dapat men-download data-data siswa tersebut.

5 thoughts on “Data Siswa-Siswi Indonesia Tidak Aman

  1. beberapa menit lalu saya telah mengirimkan email kepada pihak terkait, mungkin saat ini baru dibaca.. saya masih menunggu respon dari pihak-pikah disana. semoga mereja menyadari batapa bahayanya data yang mereka publikasikan tersebut.

  2. Terima kasih atas perhatiannya sehingga mengirim email kepada pihal terkait tersebut. Cuman, seandainya memungkinkan, sudilah menulis beberapa paragraf dan di fax kepada penanggung jawab program. Karena biasanya birokrat itu tidak terlalu mempedulikan hal-hal yang sifatnya IT atau Teknologi, malah bisa saja dianggap “tidak resmi”

    Nomor fax dapat dilihat pada postingan saya juga di http://khalidmustafa.info/?p=492

  3. kebodohan terbesar dalam kasus ini… saya kutip dari detikinet.com

    =============
    … cut …

    “Tapi ini kan masih sebatas kekhawatiran, sudah terbukti belum? Kalau sudah terbukti silahkan diinformasikan, kami di diknas siap menampung keluhan,” tandasnya.

    … cut ….
    =============

    perhatikan belum terbukti.. artinya dari Diknas harus ada KORBAN dahulu baru Diknas bertindak, sungguh sangat keterlaluan

  4. update…

    ternyata dari diknas telah memperbaiki sistemnya, sekarang alamat dan data pribadi lainnya tidak terlihat ketika di download. Langkah yang baik dari Diknas semoga kasus seperti ini tidak lagi terjadi

Komentar ditutup.