Forward “Pesan Tanpa Tuan” Benar atau Salah???


Baru saja saya menerima beberapa pesan di IM (Instant Messaging) yang berisi:

Kurangi mengkonsumsi TEH, Jangan membiasakan memakan roti yg telah dipanggang. Jaga jarakmu dari telepon genggam DALAM KONDISI DI CHARGE, Minum banyak AIR pagi hari, kurangi minum pada malam hari, Jangan meminum kopi DUA KALI satu hari, Kurangi makanan BERMINYAK, Waktu tidur terbaik dari 10pm sampai 6am, Jangan makan BESAR setelah 5pm, Jangan minum alkohol lebih dari satu gelas satu hari Jangan meminum pil dgn air DINGIN, Jangan langsung berbaring setelah minum obat, Ketika baterai LOW  jgn menjawab telpon, radiasi yg dihasilkan bisa 1000x, Jangan Menjawab telpon dgn TELINGA KANAN karena akan merusak otakmu secara langsung, Jangan mempergunakan headphone dlm jangka waktu yang LAMA, Forward msg ini ke teman2 kamu, jika kamu sayang padanya.

Sebenarnya menyebarkan informasi memang baik tapi jika informasi ini hanya berupa “katanya”, atau lebih tepatnya bulum terbukti, dan saya sebut informasi ini dengan “Pesan Tanpa Tuan“, apakah hal ini benar? Yang ada hanya menyebarkan keresahan, kasus besarnya saja masalah SMS santet, yang ternyata memang hanya kerjaan orang iseng. Disini saya mau membahas sedikit pesan yang saya terima tadi.

  1. Kurangi mengkonsumsi teh – mengapa? karena yang saya tau teh itu antioksidan dan selama dikonsumsi kurang dari 10 cangkir per hari, teh masih baik dikonsumsi (informasi ini saya dapat ketika menonton acara televisi yang menayangkan hal mengenai teh dan nara sumbernya seorang pakar). Benar teh memiliki zat caffein, tapi teh juga memilik zat yang bernama Tannin yang memiliki sifat berlawanan dengan caffein.
  2. Jangan membiasakan memakan roti yg telah dipanggang – alasannya apa tidak jelas, kemungkinan kandungan vitamin/mineral yang terkandung akan hilang terpanggang. Hal ini bisa saja namun jika memanggangnya tidak sampai gosong sepertinya tidak masalah.
  3. Jaga jarakmu dari telepon genggam DALAM KONDISI DI CHARGE – saya belum tahu apa penyebabnya.
  4. Minum banyak AIR pagi hari – ini bisa dikatakan benar fungsinya untuk membersihkan diri, dan saya pernah coba terapi air dimana setelah bangun tidur saya harus langsung minum beberapa gelas air. Pada saat itu saya bukan untuk pengobatan tapi hanya menjaga kesehatan saja, dan memang banyak minum air itu sangat baik bagi kesehatan.
  5. kurangi minum pada malam hari – ini yang aneh kenapa?? Satu hal yang saya tau efek samping dari minum itu bikin bolak-balik ke kamar kecil tuk buang air kecil, dan itu sangat normal karena seperti gelas yang diisi air, ketika gelas penuh maka air akan tumpah begitu juga badan kita ketika air dalam tubuh berlebih maka akan dikeluarkan.
  6. Jangan meminum kopi DUA KALI satu hari – ini bisa saja benar, dan karena kandungan dari caffein-nya yang kurang baik bagi kesehatan tp penjelasannya detilnya saya belum dapat informasinya.
  7. Kurangi makanan BERMINYAK – memang minyak juga kurang baik namun ada sesuatu yang salah dalam pemahaman masyarakat tentang minyak. Banyak yang bilang minyak goreng itu meningkatkan kolesterol karena lemaknya dan setahu saya ini tidak benar, selama minyak itu masih murni dan merupakan minyak nabati, berarti minyak tersebut bukan penyebab kolesterol karena lemak dalam minyak adalah lemak tak jenuh, sedangkan penyebab kolesterol adalah lemak jenuh.
  8. Waktu tidur terbaik dari 10pm sampai 6am – ini dapat dikatakan benar karena pada jam-jam itu metabolisme tubuh kita sedang berkerja dengan maksimal, supaya hasil metabolisme optimal sebaiknya kita dalam keadaan istirahat.
  9. Jangan makan BESAR setelah 5pm – ini benar bagi yang sedang diet tapi diluar itu, saya belum tahu pasti, mungkin bisa ditanyakan dokter/ahli gizi.
  10. Jangan minum alkohol lebih dari satu gelas satu hari – jangankan satu gelas, yang terbaik adalah tidak minum alkohol.
  11. Jangan meminum pil dgn air DINGIN – saya belum dapat informasi hal ini
  12. Jangan langsung berbaring setelah minum obat – sama juga saya belum tahu kebenarannya
  13. Ketika baterai LOW  jgn menjawab telpon, radiasi yg dihasilkan bisa 1000x – satu kata yang bisa saya ucapkan ANEH!, bagaimana bisa HP meningkatkan gelombangnya ketika batrai low, padahal untuk meningkatkan gelombang itu dibutuhkan daya besar dari mana dapet daya besar hingga 1000x kalau batrainya low???
  14. Jangan Menjawab telpon dgn TELINGA KANAN karena akan merusak otakmu secara langsung – apakah otak hanya ada disebelah kanan? silahkan tanya dokter dan ahli anatomi
  15. Jangan mempergunakan headphone dlm jangka waktu yang LAMA – ini memang isu lama namun sampai saat ini saya belum dapat kebenarannya yang pasti karena beberapa waktu lalu ada penelitian di luar negri yang mengatakan sinyal hp tidak menyebabkan gangguan bagi manusia.

Dari 15 poin hasil penelaahan saya dari pesan dari IM tadi ternyata beberapa hal salah dan beberapa tidak jelas keberannya, jadi apakah informasi seperti ini layak untuk disebarkan? Karena bisa jadi informasi ini dapat merugian beberapa pihak dan bisa saja merugikan bisnis orang, apakah hal itu dibenarkan???

Namun demikian jika anda ingin meneruskan “Pesan Tanpa Tuan” tersebut ke sodara, teman dan kerabat itu adalah hak anda masing-masing, namun saya memiliki pegangan selama informasi itu belum ada bukti otentik yang dapat dipertanggung jawabkan, maka saya tidak akan menyebarkannya.

catatan: jika ada kesalahan dari pembahasan saya, mohon penjelasannya.

3 thoughts on “Forward “Pesan Tanpa Tuan” Benar atau Salah???

  1. Tentang pemakaian HP, mau kanan mau kiri klo dalam jangka pemakaian yg terlalu lama tetap saja menggangu bahkan kemungkinan besar memang dapat merusak organ-2 dalam kepala (otak c/onya).
    Sbagai penjelasan, sesuai dengan pengalaman menggunakan HP-2 murah (sperti yg paketan Fren, Esia, dsb.), menggunakannya lebih darii 15 menit membuat saya mual disebabkan kepala saya yang pening dan telinga saya merasakan sensasi panas seperti terjemur matahari. Entah bagi yang tidak merasakannya, apakah kebal atau memang tubuhnya sudah terkondisikan spt itu (alias baal / mati rasa :-P)

  2. @AC Mild, owh seperti itu ya…. hmmm blom pernah pake hp paketan seperti itu slnya.. trima kasih infonya.. tp klo pake wif*ne, ga panas lho, yg panas klo nelpon 1 jam itu mesinnya hehehe…, gagang tlpnya normal2 aja..😉

  3. wuihhh…

    infonya menarik..GW setuju banget ama beliau ini(bung Haidar)..memang YM! tuh paling effisien dan efektif buat nyebar berita2 antah berantah..hueheuhu

    klo menurut gw sih smua yg disebutin diatas fine2 aja..asal smua pemakaiaan/penggunaannya gak berlebihan..smua yg berlebihan itu memang gak baik kan..yah tengah2 aja lah..antara kurang dan lebih..huehuehue bahas apaan sih gw… ;p

    Okey bung Haidar. ditunggu lagi review2 menariknya..

    *anyway thanx udah bantuin thread jualan gw…hauhuahuahu

Komentar ditutup.