10 Hari di Kesatrian Gatot Subroto, Group 1 Kopassus (part 1)


logo kopassus

Lama ga nge-blog, saya sebenernya sedang dalam suatu tugas, yaitu menjalani diklat di sebuah persahaan milik negara. Dalam dalam rangka itu pula saya 10 hari menjalani kesemaptaan di Kesatrian Gatot Subroto, yaitu tempat Group 1 Kopassus. Disana saya dan teman-teman benar-benar di godok kedisiplinan. Push-up, sit-up, jalan jongkok, jungkir, guling, sikap tobat sampe basah pantat itu hukuman yang biasa kami terima, mungkin ada beberapa sebutan yang aneh pada hukuman itu, nanti akan saya jelasan lebih detil.

Pada 10 hari semua rasa jadi satu, dari mulai kesel, dongkol, benci sampe senang dan gembira ada disana, uda kaya gado-gado de rasanya. Materi yang dikasih juga asik smua, yaitu:

  • PBB (Peraturan Baris Berbaris),
  • pengenalan dengan Kopassus, disini dikenalkan isi dari Kopassus, kerja kopassus, gmn beratnya jadi seorang Komando dan lainnya.
  • mengenal Kesatrian Gatot Subroto, disini kami jalan mengelilingi kesatrian Gatot Subroto, ada apa aja didalamnya, yang pasti banyak lapangan tembaknya de.. hehehehe.. trus ada kebun binatangnya juga lhoo… hehehehe..
  • bermain dengan Tower.. hehehe ada peluncuran (flying fox), rafling, menyebrang titian tali 2.
  • lempar pisau dan kapak, hehehe tenyata ga gampang lho ngelempar pisau itu, tapi klo kapak yaa lumayan lah..😀
  • menembak, disini kami menggunakan senapan laras panjang SS1 buatan pindad dan tentunya peluru tajam..😉
  • HTF(How To Fight Fighter), yaitu rangkaian beberapa keahlian yang telah diajarkan dalam satu rute, dari mulai melewaiti titian tali 2, rayapan 1 tali sampe gulung kabel ada disini.
  • Caraka Malam, yaitu penyampaian pesan dari titik start ke seseorang yang telah di tentukan, selama di perjalanan dalam penyampaian pesan peserta diganggu dengan segala macam bangguan, mulai dari di rendem di kubangan, lewati kuburan dan ada hantu-hantuan (tp seh ada yg bilang ada hantu beneran), lalu pemantauan, yaitu melihat benda-benda di sekitar dengan cahaya yang amat minim.

Semua kegiatan kami peserta diklat diatur oleh waktu, dari mulai makan mandi dan smuanya, karena sangat sedikitnya waktu tidur, jeda 1 menit pun manjadi sangat berharga untuk memejamkan mata.

Waktu makan, makan disini benar-benar ga bisa dinikmati, diberi waktu 5-10 menit, lalu makan tidak bole tersisa dan juga apa pun makanannya harus dimakan. Saya orang ga dulu ga bisa makan ikan-ikanan terutama ikan air tawar, tapi karena disana WAJIB makan, mau ga mau saya telen juga ikan mas, mujair dan ikan-ikan lainnya. Tersiksa? yaaa entahlah, jalanin aja de dari pada disuruh jungkir abis makan…

10 hari.. mo dibilang jorok, jorok de.. bayangin aja bisa sampe 3 hari ga mandi, gimana mo mandi waktu yg dikasih aja dikit banget, dan juga pesertanya juga banyak. Oh ya, tempat mandi disana itu ada 4 bak panjang nah klo mau mandi ya mandi rame-rame, telanjang barengan dahh, ga ada malu-maluan.. hahahaha… tp ce ama co tetep dipisah lho..😛.

Hmm.. segitu dlu ceritanya, nanti lanjutkan lagi ya.. hohoho.. biar penasaran..😀 nantikan cerita lanjutannya di http://www.haidarahmad.tk

4 thoughts on “10 Hari di Kesatrian Gatot Subroto, Group 1 Kopassus (part 1)

    1. komando!

      salam kenal juga pak eka…. wah ternyata bapak di group 1 ya.. sampaikan salam saya siswa diklat PLN ke pelatih-pelatih disana terutama pak Tri, pak Khusus, pak Ribut, pokoknya semuanya de yg menjadi pelatih diklat sikap, mental dan disiplin PLN, maaf ga tw nama lengkapnya.. hehehehe…

Komentar ditutup.