Menjadi Sebilah Pedang


Pedang, senjata tajam yang sejak dahulu kala menjadi senjata andalan, hebatnya lagi disetiap negara memiliki senjata jenis ini dengan berbagai ciri khasnya. Sebilah besi tajam yang digunakan untuk menaklukkan, meguasai, membela, berjuang, bertarung dan lainnya. Lalu apa itu hidup menjadi sebilah pedang?

Pedang memiliki 3 elemen penting, yaitu mata pedang, gagang pedang dan sang pengguna.

Mata Pedang
Mata pedang merupakan elemen yang sangat berbahaya karena inilah yang menjadikan pedang itu sebuah senjata. Terbuat dari baja yang kuat dan tajam. Semakin tajam mata pedang, semakin mematikan pedang tersebut. Berbagai bentuk mata pedang diciptakan untuk membuat pedang menjadi lebih mematikan.

Gagang Pedang
Walau bukan sebagai alat penyerangan, namun elemen ini menjadikan pedang dapat digunakan serta sebagai pelindung pengguna pedang dari bahayanya mata pedang. Tanpa gagang pedang, tidak ada yang namanya pedang namun hanya ada sebilah baja tajam. Gagang ini menjadikan pusat kendali dari mata pedang. Hal ini membuat gagang pedang menjadi sang penakluk mata pedang.

Pengguna
Ini adalah aktor pengguna senjata mematikan tersebut. Aktor inilah yang menentukan arah dan tujuan dari pedang. Aktor yang menjadikan pedang sebagai pelindung atau penghancur. Semua keputusan ada pada sang pengguna karena pedang terlalu setia kepada penggunanya sehingga apa pun perintahnya, pedang tidak akan pernah membangkang.

Ketiga elemen pedang ini haruslah ada secara bersamaan dan bersinergi untuk mencapai sebuah tujuan. Jika hanya ada mata pedang, hanya menjadi baja tajam yang dapat melukai siapa saja bahkan penggunanya. Hanya gagang pedang saja, apa yang dapat dilakukan? Hanya penggunanya saja sama saja dengan mengantarkan nyawa dalam medan perang namun jika tanpa penggunanya pedang hanyalah menjadi hiasan belaka atau mungkin hanyalah sekedar sampah.

Dalam hidup, cobalah untuk menjadi pedang, memiliki ketiga elemen yang dimiliki oleh pedang. Memiliki mata pedang, yaitu memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menaklukan. Pada masa ini, masa yang modern, mata pedang yang terhebat adalah ilmu pengetahuan. Dengan itu taklukanlah dunia. Memiliki gagang pedang artinya memiliki kendali atas kemampuan yang dimiliki serta memiliki pelindung dari kemampuan yang dimiliki agar tidak “melukai” diri sendiri. Lalu menjadi pemakai pedang yang berarti sadar akan kemampuan yang dimiliki serta memiliki tujuan yang jelas ingin menjadikan diri ini menjadi apa dan siapa. Itulah Hidup Menjadi Sebilah Pedang.