Pacaran … Bekerja


Beberapa jam lalu masih tanggal 14 Februari, yang notabene banyak diantara kita yang ikutan merayakan valentine day, terutama yang sedang menjalani masa-masa pacaran. Namun jika kalian pikir saya akan membahas masalah pacaran, silahkan kecewa, karena disini tidak membahas masalah pacaran sama sekali, apa lagi yang berhubungan dengan valentine day.

Saya pada tulisan ini ingin sedikit mengajak kita bersama berpikir, bagaimana supaya bekerja itu menyenangkan. Salah satu hal yang menyenangkan dalam kehidupan adalah pacaran (walau sebenernya tidak selalu menyenangkan seperti itu). bagaimana jika kita bekerja dengan menggunakan konsep pacaran. Konsep pacaran yang akan diterapkan yaitu:

  1. Setia
  2. Saling percaya
  3. Saling memahami
  4. Keterbukaan

Menurut saya dalam pacaran 4 hal itu yang penting, sekarang mari kita masukan ke-4 hal itu ke dalam dunia kerja.

Setia
Jika dalam pacaran kita setia artinya tidak mencari pria/wanita lain yang dijadikan idaman hati. Sebelum menerapkan hal ini pada dunia kerja, saya ingin mengutip arti dari kata setia di Kamus Besar Bahasa Indonesia, setia berarti berpegang teguh, tetap dan teguh hati. Jadi jika kita terapkan setia ini dalam pekerjaan, artinya menjadi berpegang teguh pada tugas-tugas dan kewajiban yang kita emban, banyak resiko yang harus dihadapi dalam tiap pekerjaan namun dengan kesetiaan inilah rintangan dalam pekerjaan harus kita hadapi.

Saling Percaya
Banyang orang mengatakan buat apa pacaran jika tidak ada kepecayaan di dalamnya, begitu pula dengan dunia kerja, kepercayaan terhadap rekan kerja, atasan, bawahan juga menjadi kunci sukses dalam pekerjaan. Karena tiap individu memiliki keunikannya masing-masing, dengan mengkombinasikan keunikan-keunikan yang ada dan direkatkan dengan kepercayaan, maka hal-hal berat pun akan dapat diatasi.

Saling Memahami
Dalam dunia kerja, saling memahami bukan hanya memahami orang-orang yang ada dilingkungan kerja, tapi juga memahami pekerjaan apa yang kita lakukan, jangan bekerja hanya sekedar bekerja tanpa memahami pekerjaan. Dengan memahami pekerjaan yang dilakukan maka kita dapat memberi hal-hal terbaik dalam pekerjaan, sama halnya ketika kita berpacaran, dengan memahami pasangan kita, kita berusaha memberikan hal-hal yang terbaik kepadanya sampai pada hal-hal yang detil.

Keterbukaan
Terbuka dari berbagai hal, terbuka dalam menjalani tugas-tugas tanpa ada yang perlu disembunyikan memberikan ketenangan jiwa dalam kehidupan. Lakukan tugas sesuai dengan prosedur dan lakukan dengan sebaik-baiknya.

Dengan cara seperti ini semoga dalam menghadapi pekerjaan akan senikmat berpacaran…😉