Haaahh… Situs dan Blog Mau Dikenakan Pajak???


Cukup kaget juga membaca info ini dari seorang teman yang mem-posting-nya di sebuah micro blog. Kemudian saya pun mengecek info ini dari URL yang dia berikan yang menuju ke sebah situs berita. Dan benar disana dikatakan bahwa situs pribadi atau pun blog yang memasarkan produk akan dikenakan pajak. Lalu munculah tanda tanya besar dalam pikiran saya, apa landasan dari pajak ini? Sementara pajak yang ditagihkan kepada masyarakat selama ini hasilnya pun sangat minim.

Setelah membaca berita tersebut secara menyeluruh saya pun mendapat sebuah kalimat yang sangat menggelitik yaitu

Pemerintah melihat itu sebagai suatu potensi pemasukan baru dari pajak

Berdasarkan kalimat ini saya pribadi melihat bahwa pemerintah ingin menambah pemasukkannya, nah kemudian yang bikin saya bingung, apakah pajak selama ini masih belum cukup? Lalu apakah pajak yang ada sekarang ini sudah tepat sasaran atau belum baik dari wajib pajaknya ataupun dari sisi penggunaan pajak tersebut. Karena yang saya tahu di negri tercinta ini, pajak ada berbagai macam ini dan itu, namun penggunaannya uang pajak itu bisa dikatakan entahlah. Saya tidak tahu apakah pendapat saya ini benar atau salah, menurut saya, wajib pajak berhak tahu secara nyata kemana saja perginya uang pajak yang telah disetorkan karena secara tidak langsung ijab qabul pajak menurut saya seperti ini

Rakyat: “Pemerintah, saya serahkan uang saya untuk membangun negeri ini.”
Pemerintah: “Saya terima pajak anda dan akan saya…….” (silahkan pikirkan sebaiknya diisi apa titik tersebut)

Dan sekarang situs dan blog mau dikenakan pajak, untuk apa lagi? Dan apakah tidak membebani para netpreneur? Dan kemudian bagaimana cara mendeteksinya? Apakah secara seporadis semua toko online dikenakan pajak padahal mereka bukan tidak mungkin telah bayar pajak sebelumnya, entah itu karena barang import atau yang lainnya. Saya rasa Menristek yang mengucapkan mengenai pajak untuk situs dan blog ini harus ditelaah kembali dengan para pakar yang benar-benar pakar dan orang-orang yang bergelut didalam dunia bisnis online ini.

Kesimpulan saya, pajak seperti ini tidak perlu ada, toh sebenarnya orang berjualan ini untuk mendapatkan penghasilan dan bukannya uda ada pajak penghasilan yang mengatakan

Pengertian, Definisi dan Arti Pajak Penghasilan Karyawan Pasal 21

PPh atau Pajak Penghasilan adalah pajak yang dikenakan atas penghasilan berupa gaji, honor / honorarium, upah, tunjangan dan pembayaran lain yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri sehubungan dengan pekerjaan atau jasa, jabatan dan kegiatan.

sumber: organisasi.org

Bagaimana menurut kalian?????

2 thoughts on “Haaahh… Situs dan Blog Mau Dikenakan Pajak???

Komentar ditutup.