Harus Diapakan Mereka???


Semakin maju teknologi ternyata ada tidak serta merta membuat semua semakin mudah. Hal ini terjadi pada saya ketika saya merapikan kamar tidur saya yang juga menjadi tempat belajar dan bekerja saya. Ketika saya merapikan meja belajar, saya mendapati tumpukan-tumpukan CD dan DVD, yang ternyata sebagian besar sudah rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

Optical disk atau yang dikenal dengan sebutan CD atau DVD sudah sangat familiar dengan kehidupan sehari, fungsinya sudah pasti sebagai penyimpanan data entah itu berupa musik, video, atau materi pelajaran atau pekerjaan. Bentuknya yang berupa cakram tipis memberi kemudahan dalam penyimpanannya. Permasalahan yang timbul adalah material dari optical disk ini yang berbahan utama polycarbonate membuat optical disk menjadi bahan yang tidak ramah lingkungan. Karena itu perlu penanganan khusus dalam mendaur ulang dari optical disk.

Foto di atas adalah sebagian dari optical disk yang saya miliki, ada beberapa yang sudah rusak dan ada beberapa yang sudah tidak terpakai karena telah penuh terisi dan isinya berupa file-file yang sudah tidak digunakan, sehingga tidak dapat digunakan kembali. Selain hasil kegiatan saya dalam menyimpan data, optical disk ini saya dapat dari majalah-majalah komputer yang menyertakan optical disk yang dibundel secara bersamaan. Setalah semua out of date, maka optical disk itu kini menjadi sampah, dan apa yang saya harus lakukan? Saya tidak bisa membuang mereka ke tempat sampah begitu saya karena material mereka yang tidak ramah lingkungan dan perlu penanganan khusus terhadapnya. Pernah saya kepikiran untuk membuat disk-disk itu menjadi hiasan atau material dalam modifikasi casing (case mod) tapi sayangnya hal itu memakan waktu yang tidak sedikit padahal saya punya kewajiban lain yaitu bekerja. Lalu bagaimana untuk menangani optical-optical disk ini yang telah bercokol cukup lama di kamar saya dan jumlahnya terus bertambah tiap bulannya (saya berlanggan majalah komputer yang menyertakan optical disk). Bagi kawan-kawan yang punya solusi yang simple dan mudah dalam menangai sampah optical disk ini, bisa di-share disini.

Sebagai info, sampah-sampah akibat majunya teknologi dan sulit untuk membuangnya bukan hanya optical disk tapi juga pada hardware-hardware yang sudah tidak terpakai. Dan sebagai masukan dari saya, menggunakan flash disk atau portable harddisk lebih ramah lingkungan daripada menggunakan optical disk dan apabila terpaksa menggunakan optical disk, gunakan yang dapat digunakan kembali (rewriteable).

One thought on “Harus Diapakan Mereka???

  1. Bagi kawan-kawan yang punya solusi yang simple dan mudah dalam menangai sampah optical disk ini, bisa di-share disini.
    ——————————
    ini salah satu solusi ane, optical disknya sebaiknya di jual ke ane aja gan .. atau di berikan ke ane nanti hasil penjualannya di peruntukan faqir miskin …

    Saat ini kami membutuhkan pasokan komoditi jenis polimer polikarbonat kode 07 : Kaset CD bekas, Kaset DVD bekas, Kaset Play Station bekas serta Galon bekas sebanyak-banyaknya ..

    Spesifikasi yang dibutuhkan:
    1. Bekas dari rumahan, dari lapak / BS Pabrik
    2. Terima pecah-pecah dari punggutan
    3. Bersih dan tidak tercampur bahan lain

    Kuantitas: minim 100 Kg

    Bagi rekan- rekan yang memiliki komoditi tersebut dapat mengajukan penawaran, jumlah dan lokasinya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi / sms kami di 081282275354 (Mas Iwan, jakarta)

Komentar ditutup.