Batik…


Berdasarkan imbauan bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tanggal 2 Oktober 2009, seluruh rakyat Indonesia mengenakan pakaian batik untuk menunjukkan kebanggan terhadap batik yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui dunia. UNESCO akhirnya memasukkan batik Indonesia dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia pada tanggal 30 September 2009.

Kita patut bangga akan hal ini dan ini juga menunjukkan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang berbudaya. Memang bangsa Indonesia sempat “ketar-ketir” ketika negeri tetangga mengakui bahwa batik adalah milik mereka. Suara-suara pengecaman terhadap negeri tetangga itu pun lantang disuarakan dari mulai turun ke jalan hingga penyerangan situs-situs web milik negara tetangga pun tidak luput dari tangan-tangan “kreatif” rakyat Indonesia. Namun dengan pengakuan oleh UNESCO ini terbukti memang Indonesia-lah pemilik batik ini.

Sisi positif dari pengakuan batik ini oleh negeri tetangga itu adalah tergeraknya rakyat Indonesia untuk melindungi kekayaan budaya Indonesia dan mungkin sebelumnya kurang diperhatikan. Kedepannya semoga tiap elemen di negara tercinta ini mulai dari akar rumput hingga petinggi-petinggi negara tetap konsisten menjaga keutuhan bangsa Indonesia dalam segala aspek. Jangan jadikan pengakuan batik oleh UNESCO itu hanya sekedar seremoni belaka dengan memakai batik rame-rame di tanggal 2 Oktober 2009 tapi kelanjutannya tetep tidak ada perhatian kepadanya.

Saya pribadi dari sejak  SMA sudah suka pake pakaian batik, kalo ke sekolah, tiap hari Kamis memang wajib pakai batik, tapi pada beberapa event atau cuma sekedar jalan-jalan saya juga suka pakai batik karena memang saya suka motifnya yang unik. Dan sekarang pun makin banyak banyak batik-batik yang telah dimodifikasi sehingga tampilannya tidak lagi selalu berkesan formal. Saya memang tidak tau tentang arti motif batik dan apakah ada larangan atau tidak untuk memodifkasi batik itu, tapi bagi saya yang penting adalah batik ini tetap terus dilestarikan hingga akhir nanti.

Oh ya, ada satu prestasi dunia lainnya di batik yaitu jBatik, salah satu aplikasi pemenang Indonesia ICT Award 2008 (saingan team saya dalam event itu). jBatik adalah aplikasi opensource yang dapat mendesain motif batik dengan menggunakan rumus matematika fraktal. jBatik dibangun menggunakan java oleh team dari Bandung yang menamakan dirinya dengan Pixel People Project.

Mari lestarikan kekayaan bangsa Indonesia tercinta kalau bukan kita sebagai rakyat siapa lagi yang akan menyelamatkan bangsa tercinta ini. Info tentang batik lainnya bisa dibaca di wikipedia

thanks to:
media-ide.com
Pixel People Project
wikipedia

6 thoughts on “Batik…

  1. Berita yang cukup membanggakan Indonesia.
    Haha, iya, inget tuh jBatik. Tapi emang salut deh ama produk dan timnya! (kangen juga ama Djedjakarta😀 )
    Gimana dar? Mau ikut lagi yang berikutnya barengan? Punya ide buat dilombakan kali ini…desain Wayang!!😀

    1. mau bgt lif ikutan lg… tp ini kerjaan ga bisa ajak kompromi.. mudah-mudahan next load kerjaan ga kaya sekarang..😦

      ide.. lom kepikiran seehh, tp tenang aja nanti juga pasti muncul.😉

      1. Sip lah. Biar gak rada keteteran, ada baiknya juga pembuatannya lebih dini dan dicicil.
        Semoga kerjaannya lancar en dapet waktu kosong buat sampingan deh😀
        Kalo ada ide menarik dan mau ajak2 kerjasama orang lain, coba kontak2 aja aku🙂

Komentar ditutup.