Car Free Day di Bandung


Hari minggu pagi (25 April 2010) sudah bangun, saya bingung mau ngapain? Liat-liat televisi (kebetulan tadi malem lagi ga tidur di kost tapi ditempat sodara jadi ada TV😀 )   beritanya berita buruk semua dan masalah rusuh disana-sini, cape liatnya. Ada koran didepan mata, saya coba buka-buka koran kali aja ada berita yang isinya lebih bermutu ketimbang berita buruk dan rusuh-rusuhan. Dan benar saja, saya melihat berita mengenai Car Free Day di Bandung.

Car Free Day untuk warga kota Jakarta mungkin sudah sering dilakukan, tapi klo untuk kota Bandung, sepengetahuan saya ini yang kali pertama diadakan. Car Free Day diadakan di jalan Dago yang merupakan salah satu lokasi kebanggan Bandung. Mendapati berita Car Free Day di koran, dan kebetulan perut sudah cukup bernyayi, saya langsung menuju Dago selain untuk menikmati Car Free Day, juga mencari kuliner :p . Setibanya di TKP, saya langsung memarkirkan motor saya di salah satu tempat parkir yang telah disiapkan. Ternyata cukup meriah juga Car Free Day di Bandung, banyak yang orang olah raga, main bola, bersepeda yang mungkin dari beberapa komunitas, dan aja juga pesepatu roda yang juga memeriahkan Car Free Day ini.

ada yang bersepeda, ada yang istirahat setelah berolah raga

Dari pemantauan saya selama di sepanjang jalan Dago, ternyata ada banyak juga orang yang tidak tahu kegiatan ini, terlihat dari banyaknya pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua atau roda empat, yang harus memutar balik di jalan masuk ke jalan Dago karena jalan tersebut diharamkan untuk sementara bagi kendaraan bermotor. Walaupun demikian, saya melihat cukup sukses juga kegiatan ini. Saran saya karena acaranya hanya sebentar (dari pukul 06.00-09.00 CMIIW) saya rasa kegiatan seperti ini bisa diperluas wilayahnya, jangan hanya di Dago yang cuma beberapa meter, serta dipersering lagi kegiatan ini diadakan paling tidak sebulan dua kali diadakan kegiatan Car Free Day di Bandung.

Jarang-jarang bisa lari di tengah jalan Dago

Terakhir, saya ucapkan salut bagi masyarakat Bandung yang sudah menyukseskan acara Car Free Day ini… Hijaukan kembali bumi kita, kurangi polusi di dunia.. GO CAR FREE DAY…!!!

One thought on “Car Free Day di Bandung

Komentar ditutup.