Membuat Formulir Login Dengan PHP (Basic)


Post kali ini adalah tutorial membuat formulir login dengan php, mungkin bagi pembaca yang sudah terbiasa dengan pemrograman menggunakan php tidak akan asing dengan hal ini dan tingkatan untuk tutorial ini adalah untuk pemula yang baru kali pertama mengenal php.

Pembahasan pada tutorial ini hanya membahas formulir login menggunakan php, untuk layout saya hanya menggunakan table di html (tidak menggunakan CSS) dan pada script, untuk client script saya menggunakn html lalu server side script, saya menggunakan php serta database menggunakan mysql. Saya tidak akan membahas masalah instalasi web server dan lainnya karena saya menganggap hal-hal lain diluar pembuatan formulir login sudah siap.

Membuat koneksi ke database

Database yang saya gunakan dinamakan dbtutorial dan table yang digunakan pada tutorial ini adalah table tbl_user. Field pada table tbl_user yaitu username dan password, dimana username ini merupakan primary key.

  1. Buatlah satu file bernama connect.php pada direktori root
  2. Pada file connect.php, tuliskan script berikut

File koneksi ini akan dipanggil oleh file lain ketika dibutuhkan koneksi ke database

Membuat halaman login (interface)

halaman ini adalah form dimana user akan melakukan login dengan cara menuliskan username, password dan me-klik tombol login seperti ini

Halaman tersebut filenya saya berinama login.html, saya menggunakan html pada halaman tersebut karena pada halaman tersebut tidak perlu proses di sisi server. Berikut script untuk halaman tersebut

Membuat Proses Login

Ketika user memasukan username, password dan menekan tombol login, dari form login, mengirim data tersebut ke file yang saya beri nama act_login.php seperti yang terdapat pada script login diatas dalam tag <form>

  1. panggil koneksi ke database dengan menggunakan include_once(“pathfile”) dengan pahtfile adalah lokasi penempatan file koneksi database
  2. masukan nilai username dan password ke dalam variable $username dan $password 
  3. buat query ke table tbl_user untuk mengecek apakah username dan password yang dimasukan oleh user benar atau tidak 
  4. tutup koneksi ke database
  5. jika username benar akan membuka halaman index.php dengan menampilkan username yang digunakan dan apabila gagal, maka akan dikembalikan ke halaman login
  6. act_login.php

Halaman Index

Halaman ini adalah halaman utama setelah login dengan nama index.php, pada halaman ini akan menampilkan teks “Login Berhasil…!!!” dan username yang digunakan untuk login.

Berikut script untuk halaman index.php

Untuk file-file pada tutorial ini dapat diunduh pada link berikut : login tutorial

Note :

Tutorial ini saya buat karena adik saya (@ladyghi ) yang merupakan mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat di sebuah universitas negri akan menghadapi ujian materi ini. Sebenarnya saya heran, mengapa seorang calon sarjana dari fakultas kesehatan masyarakat harus mempelajari hal ini? Apa kaitannya dengan bidang ilmu yang dipilihnya? Tapi inilah salah satu cermin pendidikan di Indonesia (apalagi hal ini terjadi di universitas negri ternama di Indonesia), materi pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa tidak sejalan dengan bidang yang dipilih mahasiswa. Saya bersyukur pada saat saya kuliah, tidak menemukan kasus ini walau saya hanya seorang lulusan dari universitas swasta. Ya sudahlah, ini adalah kondisinya dan harus dihadapi, jikalu ada orang dari departemen pendidikan  membaca post ini, mohon ditinjau kembali materi pendidikan di Indonesia dan setelah ditinjau mohon eksekusinya segera.

11 thoughts on “Membuat Formulir Login Dengan PHP (Basic)

    1. iya database tidak dibahas pada tulisan ini, dianggap database sudah dibuat dengan nama table tbl_user dan field username dan password.

  1. kk tu kan cuma untuk login…
    klo untuk buat halaman daftar/registasi gimana kk..?
    kya daftar seperti akun yahoo gimana kk….
    cara buatnya…..?
    ajarin cra buat scripntnya kk….😀

    1. secara umum sama cara pembuatannya hanya tinggal disesuaikan form, variable dan databasenya saja..misal klo untuk registrasi, diperlukan form yang mempunyai field username, password, validasi password, nama, tanggal lahir dst.. lalu set variable dan field pada database sesuai dengan form tersebut. untuk halaman2nya, script sama seperti di atas.

      jika masih menemui kendala silahkan kirimkan email ke saya script yang sudah dibuat.

  2. bng mau tanya truzz bwat koneksi ke database nya gimna tuh???????
    form y kn udah dbuat tnggal linknya ke database nya gmna?

Komentar ditutup.