Kegagalan Adalah Bagian Dari Hidup


GAGAL, mungkin kata ini cukup ditakuti oleh banyak orang dan apalagi sekarang Ujian Nasional sedang berjalan, untuk siswa SMP dan sudah dilalui untuk siswa SMA, kegagalan pada saat Ujian Nasional menjadi hal yang cukup menakutkan. Tetapi apakah sebegitu menyeramkan kegagalan itu? Dan apakah benar hidup seseorang akan lebih baik ketika tidak pernah gagal sama sekali???

Pernah mendengar seorang siswa yang bunuh diri karena hanya sebuah kegagalan di Ujian Nasional? Sungguh sangat menyedihkan, hanya karena gagal disebuah ujian tapi dampaknya mengakhiri hidup. Coba dibandingkan dengan kisah seorang Thomas Alva Edison yang katanya berkali-kali gagal dan baru berhasil pada usahanya yang ke-1.000 pada saat membuat bola lampu. Dari cerita itu, Thomas Alva Edison terdengar menjadi seseorang yang sangat terbiasa dengan kegagalan namun kegagalannya itulah yang menjadikan diri seorangAlva Edison menjadi seseorang yang luar biasa.

Pengalaman saya membaca kisah-kisah orang yang pernah gagal, termasuk kisah Thomas Alva Edison, membuat saya sangat yakin bahwa kegagalan adalah bagian dari hidup yang harus dilalui. Coba bayangkan apabila anda adalah seseorang yang selalu berhasil, apakah anda dapat merasakan nikmatnya keberhasilan itu? Karena anda tidak pernah tahu bagaimana rasanya menjadi gagal.  Dan kegagalan itu saya dapat analogikan seperti obat pil yang sangat pahit, yang artinya bagaimana pun kegagalan itu merupakan hal yang tidak menyenangkan namun dibalik itu banyak hal-hal yang dapat dipelajari untuk membangun diri menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Karena itu, janganlah takut akan sebuah kegagalan karena dari kegagalan itulah anda dapat mempelajari banyak hal untuk menjadi lebih baik lagi.

lebih baik Mencoba dan Gagal daripada tidak pernah gagal karena tidak pernah mencoba….

Ini menurut saya pribadi tentang kegagalan, bagaimana dengan anda????