Mobil Listrik Kendaraan Masa Depan (?)


Beberapa waktu lalu ketika jam istirahat kantor, saya melihat orang-orang di kantor sedang berkumpul, saya kira sedang ada demo lagi, namun setelah saya lihat lebih tajam, ternyata ada sebuah benda hijau yang sedang mereka lihat. Saya menduga pasti itu adalah mobil listrik yang sedang ramai dibicarakan. Ternyata tebakan saya benar, sebuah city car berwarna hijau mentereng sedang parkir di lobby kantor. Saya kurang tahu dalam rangka apa mobil yang sedang ramai dibicarakan itu parkir disana, yang pasti saya tidak akan melewatkan kesempatan ini untuk mengetahui bagaimana sebenarnya wujud mobil berbahan bakar listrik ini.

Dari sisi disain eksterior terlihat mobil ini menggabungkan beberapa disain dari mobil-mobil yang sudah beredar dipasaran, namun terlihat tidak ada disain yang dipaksakan pada kendaraan ini. Hanya warna hijau menterengnya itu yang agak mengganggu saya. Sepertinya karena ingin menunjukan kesan ramah lingkungan  (Go Green) sehingga warna hijaulah yang dipilih unit mobil tersebut. Saya membayangkan jika mobil itu dikemas dengan warna cat hitam mutiara, pasti akan terlihat lebih elegan dan tambahan lainnya pada disain lampu belakang jika dibuat lebih dinamis maka tampilan sang mobil akan lebih luar biasa.

Nama Ahmadi tertulis pada pintuk ke-5
Nama Ahmadi tertulis pada pintu ke-5

Setelah melihat bagian ekterior mobil yang diberi nama Ahmadi, saya mencoba cari tahu bagaimana interiornya. Untuk interior, memang terlihat masih biasa saja mungkin karena memang masih prototipe sehingga builder mobil ini tidak terlalu fokus pada interiornya. Tidak ada yang mengecewakan dan tidak ada yang Wow pada interior, hanya panel indikator pada mobil ini yang berupa layar membuat tampilan dashboard menjadi tidak biasa.

Interior dengan dashboard yang tidak biasa
Interior dengan dashboard yang tidak biasa

Untuk penyimpanan bahan bakar diletakkan pada bagasi mobil, memang masih terlihat berantakan untuk bagian ini, mungkin untuk memudahkan troubleshoot jika ada masalah sehingga baterai belum dipasangkan penutup. Kemudian untuk soket pengisian bahan bakar, terletak di sisi kiri mobil yang posisinya sama seperti pada mobil dengan bahan bakar minyak. Lalu pada bagian mesin, mesin terlihat cukup kompak hanya terlihat kotak-kotak untuk menggerakkan roda.

Baterai untuk menjalankan mobil ini
Baterai untuk menjalankan mobil ini
Soket untuk mengisi bahan bakar
Soket untuk mengisi bahan bakar
Penampakan mesin mobil listrik
Penampakan mesin mobil listrik

Sayangnya saya tidak bisa mencoba performa kendaraan ini jadi untuk kemampuan mobil ini tidak ada yang bisa saya tuliskan disini, andaikan Pak Dahlan Iskan berkenan untuk meminjamkan mobil ini, dengan senang hati saya akan menguji kemampuan mobil listrik produksi dalam negeri ini. hehehehe.. ( berharap :p )

Terakhir, menurut pendapat saya, mobil ini memiliki potensi untuk menjadi salah satu pilihan sebagai kendaraan favorit apalagi tidak ada polusi udara yang ditimbulkannya. Riset untuk mobil ini jangan hanya berhenti disini harus terus dikembangkan dan dengan  quality control yang ketat sehingga bisa masuk ke pasar otomotif di Indonesia dimana mobil-mobil listrik import juga sudah siap-siap menjual mobil listriknya di Indonesia. Dan juga perlu diperhatikan untuk memberi kemudahan kepada pengguna mobil ini untuk mengisikan bahan bakarnya. Jika dikaitkan dengan isu kondisi minyak bumi, jangan sampai konversi dari BBM ke listrik hanya merubah pola pemakaiannya BBM saja yang awalnya BBM banyak digunakan untuk kendaraan, setelah dikonversi, BBM tidak banyak untuk kendaraan tapi banyak untuk pembangkitan listrik. Dengan digunakan energi listrik untuk kendaraan, perlu dipikirkan juga energi alternatif lainnya untuk membangkitkan tenaga listrik.

One thought on “Mobil Listrik Kendaraan Masa Depan (?)

Komentar ditutup.