Peraturan dan Hubungannya Dengan Nilai-Nilai Kebenaran


Baru saja saya menyelesaikan sebuah kontrak kerjasama untuk perusahaan, dan ternyata cukup menguras energi dalam penyusunannya. Banyak detil-detil yang harus diperthatikan agar kontrak yang dibuat tidak bermasalah dikemudian hari. Peraturan mulai dari undang-undang hingga peraturan perusahaan harus diperhatikan secara detil karena sedikit kesalahan saja bisa langsung dihadapkan ke meja hijau. Yang menarik ketika saya mempelajari peraturan-peraturan tersebut, saya berfikir, apakah memang harus seperti itukah (baca: detil) peraturan dibuat?

Kata per kata harus diperhatikan maknanya dan ditelaah apa konsekuesi yang mungkin terjadi terkait undang-undang yang berlaku di negara Indonesia, itulah yang sangat menguras tenaga dalam penyusunan kontrak kerjasama yang saya buat beberapa waktu lalu. Mengapa peraturan yang ada di negara ini sangat detil (baca: rumit)? Atau memang masyarakat belum sadar akan nilai-nilai kebenaran sehingga semua harus diatur bahkan dengan Undang-undang, sampai sedetil-detilnya yang berdampak pada bagaimana kelangsungan kehidupan dalam bermasyarakat (termasuk merepotkan pada pengalaman saya dalam memuat kontrak kerjasama perusahaan).

Mungkin jika seluruh masyarakat (atau sebagian besar masyarakat) sudah menyadari akan nilai-nilai kebenaran yang ada dalam kehidupan (bisa dari nilai-nilai Agama atau nilai-nilai sosial budaya) peraturan yang tidak perlu dibuat sebegitu detilnya, karena tanpa diatur pun, ketertiban, keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan dapat tercipta dengan sendirinya. Memang dengan peraturan dibuat sedetil itu akan membuat celah bagi orang-orang yang memiliki kepentingan pribadi sehingga dapat memanfaatkan celah tersebut untuk memberi keuntungan bagi dirinya sendiri dan merugikan orang lain, tapi kalau saja orang seperti itu dapat diminimalkan, bukan tidak mungkin tanpa peraturan yang detil, ketentraman hidup dapat tercipta. Pembaca silahkan tidak sependapat dengan saya, apalagi latar belakang pendidikan saya bukan dari ilmu sosial ataupun hukum, jika tidak berkeberatan, jika berpendapat lain bisa sampaikan dengan menulis komentar pada tulisan ini.

Pengalaman kali peratama membuat kontrak banyak memberikan pengetahuan baru bagi saya terutama bagaimana hubungan secara industri.

About these ads

seorang blogger yang selalu ingin bebagi kisah dan pengalaman hidupnya. memiliki berbagai ketertarikan dalam berbagai hal seperti teknologi, contact centet, fotografi, seni, selam, dan lainnya. "show me da best of u"

Tagged with: , , ,
Posted in brain-treatment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Chat
July 2012
M T W T F S S
« May   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

masukan email untuk medapatkan update terbaru dari catatan haidarahmad

Join 180 other followers

Categories
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 180 other followers

%d bloggers like this: