#tanyadirisendiri


Waktu tak terasa berlalu, banyak hal telah terlewati, 29 tahun sudah saya melewati kehidupan dan berkuranglah sisa waktu saya.

Mungkin bagi pembaca yang mengikuti akun media sosial saya baik facebook, twitter, ataupun path (Haidar Ahmad), beberapa hari belakangan ini sering saya mempost pertanyaan-pertanyaan dan jika mengikuti pertanyaan tersebut, terdapat 25 pertanyaan dengan hashtag #tanyadirisendiri. Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang saya tujukan kepada diri saya sendiri untuk mengetahui dan lebih memahami diri saya sendiri. Mungkin akan lebih mudah ketika kita membuat pertanyaan kepada orang lain, namun untuk memahami diri sendiri, saya mencoba mencari pertanyaan-pertanyaan kepada diri saya sendiri dan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Diharapkan saya menemukan jawabannya dan dapat melakukan perbaikan dalam diri saya. Berikut seluruh pertanyaan-pertanyaan yang telah saya post di akun media sosial saya:

Ternyata banyak jawaban dari pertanyaan tersebut yang belum sesuai dengan harapan saya. Sebagai contoh untuk pertanyaan “#7 Adakah yang tersakiti olehku?” dan jawabannya ternyata masih ada orang di sekitar saya yang merasa tersakiti, sehingga jawaban untuk pertanyaan “#8 Bahagiakah orang di sekitarku? Juga belum sesuai dengan yang diharapkan, dan seterusnya… dan seterusnya…

Dengan mencoba menanyakan beberapa hal tersebut, semoga ini menjadi awal yang baru (lagi) bagi saya untuk menjadi manusia yang lebih baik. Dan saya juga pada tulisan ini saya mohon maaf apabila ada orang-orang yang di sekitar saya baik di lingkungan rumah, lingkungan bermain, lingkungan persaudaraan, atau lingkungan pekerjaan ada yang merasa tersakiti dan/atau kecewa atas yang telah saya lakukan baik sengaja ataupun tidak sengaja. Waktu tidak pernah menunggu dan terus melaju, waktu semakin pendek namun urusan belum tentu semakin sedikit.

Terima kasih

#20maret2015