Layanan Antar Makanan, foodpanda.. Seberapa Kece Layanannya…


Netizen semakin lama semakin dimanjakan oleh berbagai penyedia layanan, mulai dari layanan jual-beli, pesan kendaraan umum, hingga antar makanan. Foodpanda merupakan salah satu yang memberikan layanan antar makanan. Keunggulan foodpanda yaitu pelanggan dapat memesan makanan dari berbagai tempat makan di satu tempat, sehingga cukup pilih restoran yang tersedia, pesan dan makanan akan diantarkan. Layanan yang menarik, namun bagaimana jika kita dalami seberapa kece layanan di foodpanda.

Salah satu keunggulan foodpanda yaitu dapat diakses baik melalui browser, ataupun aplikasi di smartphone baik sistem operasi Android, iOS ataupun Windows mobile. Pada halaman awal foodpanda memberikan kemudahan konsumen untuk mencari restoran berdasarkan  lokasi, atau dapat langsung memilih restoran atau jenis makanan yang diinginkan. Informasi pada restoran juga cukup jelas, baik waktu pelayanan, biaya-biaya serta informasi lainnya.

Namun di samping hal di atas tersebut, ada kelemahan foodpanda, antara lain kurang lengkapnya gambar makanan/minuman pada setiap restoran yang menyebabkan kesulitan konsumen jika ingin mengetahui menu makanan/minuman. Selain itu walau informasi yang diberkan cukup lengkap, namun konsistensi pada informasi belum terjaga, misal pada jam pelayanan yang diinformasikan antara pukul 09.00 hingga 17.00, namun pada waktu pengantaran tertulis 24 jam

Ketika saya mencoba melakukan pemesanan, saya mengalami kesulitan dalam pemesanan dikarenakan jangkauan antar yang sangat terbatas. Mungkin hal ini wajar dikarenakan kemampuan antar dari restoran yang dipilih namun sangat janggal ketika saya melakukan order langsung (dalam hal ini Bur*er K*ng) via call center-nya bisa melakukan pemesanan untuk diantar ke lokasi saya, sedangkan ketika melakukan order via foodpanda, saya tidak bisa melakukan pemesanan, padahal saya memilih outlet yang sama untuk mengantar pesanan saya.

Dari penjabaran saya di atas, mari kita simpulkan tingkat kekecean layanan di foodpanda. Untuk tampilan dan ketersediaan saya beri 4 pensil dari 5 pensil karena foodpanda dapat di akses dari berbagai perangakat, namun kurang informatif dalam menyajikan gambar menu dan kurang konsisten dalam memberikan informasi. Untuk keandalan layanan foodpanda, saya berikan 2 pensil dari 5 pensil karena sulitnya melakukan pemesanan yang dibatasi lokasi pemesanan yang sebenarnya lokasi tersebut dapat dilayani oleh restoran yang dipilih. jadi secara keseluruhan nilai untuk foodpanda adalah 3 pensil dari 5 pensil, yang artinya layanan foodpanda masih biasa saja, belum ada nilai “WOW”. Dengan posisi ini PR foodpanda masih cukup berat untuk memberikan layanan antar makanan.

Nilai foodpanda

Tampilan: 

Keandalan: 

Kesluruhan: 

Untuk perbaikan, foodpanda dapat meningkatkan komunikasi kerjasamanya dengan pihak-pihak restoran sehingga informasi yang diberikan lebih detil termasuk di dalamnya masalah gambar-gambar menu, informasi detil restoran dan juga jangkauan antar yang mampu diberikan oleh restoran.