Menelisik Kekecean dari ZenPower


Beberapa waktu lalu tanpa diduga-duga, Asus Indonesia mengirimkan saya sebuah powerbank yaitu ZenPower. Menurut situs resmi Asus, produk ini digadang-gadangkan sebagai aksesori untuk handphone unggulan Asus, ZenPhone 2. Asus dalam situsnya menyampaikan,

ASUS ZenPower, Powerbank Kapasitas Besar Teraman Di Dunia. Hanya Seukuran Kartu Kredit.

Sebelum lebih jauh, berikut video unboxing dari ZenPower yang saya terima. http://www.youtube.com/watch?v=Rkdmozd7Pok Dari unboxing tersebut, hal yang menarik dari promosi ZenPower ini adalah pernyataan dari Asus yang membandingkan ukuran ZenPhone dengan ukuran kartu kredit. Sebelum tahu bentuk dari ZenPower ini, saya pikir ZenPower ini memang berukuran seperti kartu kredit termasuk ketebalannya yang mana menurut pemikiran ZenPower ini adalah powerbank dengan kapasitas besar dan dengan ukuran kartu yang bisa masuk ke dalam dompet (mungkin khayalan saya terlalu tinggi). Namun yang dimaksud seukuran dengan kartu kredit adalah lebar dan tinggi dari ZenPower, namun untuk ketebalannya masih cukup tebal, yaitu sekitar 2 cm. Walau demikian ZenPower masih cukup nyaman untuk di masukan ke dalam saku kemeja atau celana ketika berjalan-jalan. Untuk menguji kekecean ZenPower, saya gunakan Asus ZenPhone 2. Pertama-tama saya charge penuh ZenPower yang memakan waktu sekitar 8-9 jam. Dari kondisi ZenPower penuh tersebut, saya pakai untuk men-charge hp saya yang dalam keadaan baterai habis total. Hasilnya adalah ZenPower dengan kapasitas 10.050 mAh dapat mengisi penuh sebanyak 2x ZenPhone 2 dari keadaan baterai kosong. Selanjutnya dari sisi fitur, menurut saya tidak ada fitur spesial dari ZenPower ini, ZenPower didesain sangat simple, dari tampilannya hanya ada tombol bulat besar yang berfungsi untuk mengetahui isi dari ZenPower yang ditunjukan dengan 4 buah lampu kecil indikator, serta slot USB sebagai outlet output dan micro USB sebagai input. Kebutuhan teknis dari ZenPower untuk mengisi yaitu listrik dengan tegangan 5 V dan arus 2 A, sedangkan output dari ZenPower ini adalah listrik dengan tegangan 5,1 V dan arus sebesar 2,4 A. Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan ZenPower ini. Ukurannya yang dimilikinya membuat nyaman untuk dibawa pada perjalanan serta kapasitas yang besar membuat saya dapat tenang ketika harus melakukan perjalanan jauh.