70 Tahun Indonesia, Tua Tapi….


17 Agustus 1945, itulah hari kemerdekaan kita…… ya itulah sepenggal kata-kata dalam lagu Hari Merdeka, mungkin tulisan ini sudah telat mengingat penulisan ini di tanggal 18 Agustus 2015 dan menjelang tanggal 19 Agustus 2015, tapi tidak penting kapan tulisan ini ditulis. Yang penting adalah ada beberapa hal yang ingin saya tuangkan dalam tulisan ini sebagai pengingat bersama.. (setidaknya ini penting bagi saya pribadi).

  1. Pada pendiri bangsa sudah mendeklarasikan bangsa Indonesia MERDEKA, namun mungkin kita yang membuat diri kita sendiri tidak MERDEKA, terbelenggu oleh hal-hal yang tidak penting.
  2. 70 tahun sudah Indonesia MERDEKA, kita sebagai rakyat merdeka mungkin selama ini hanya bisa menuntut kemerdekaan namun tidak membuat diri kita sendiri tidak MERDEKA (menuntut ini-itu kepada pemerintah, mengomentari pemerintah tapi tidak melakukan hal-hal kongkret yang bermanfaat untuk mengisi kemerdekaan)
  3. Mungkin kita terlalu banyak menggunakan mulut untuk mengomentari (termasuk membuat komentar dan/atau berbagi info di media sosial) ketimbang menggunakan tangan dan kaki untuk melakukan hal nyata yang memberi manfaat.

Cukup lama (tua) Indonesia MERDEKA tapi….. tidak perlu dilanjutkan kalimat tersebut… mengapa tidak langsung lakukan tindakan nyata? Indonesia akan maju bukan dilakukan cukup oleh satu-dua orang, atau pemerintah saja, tapi yang memajukan negara Indonesia adalah seluruh elemen yang ada di negara Indonesia. Coba pikirkan kembali apa kontribusi diri kita masing-masing dalam negara ini? Jangan-jangan untuk patuh terhadap aturan saja kita tidak mau dan selalu mencari pembenaran atas kesalahan yang kita lakukan.

Tidak perlu banyak bicara, sekarang saatnya lakukan sesuatu, dan berkontribusi positif dalam mengisi kemerdekaan, jangan terlalu banyak komentar-komentar yang tidak penting tapi tidak melakukan apa pun.

SELAMAT HARI MERDEKA BANGSA INDONESIA, AYO KERJA…!!!!!!