trik: Install Adobe CS3 di Windows Vista


Mungkin banyak yang aneh baca judul tulisan ini, tapi ini adalah pengalaman yang saya alami ketika meng-install Adobe CS3 di Windows Vista. Pada saat itu saya sudah berkali-kali mencoba install namun hasilnya gagal yang muncul adalah pesan seperti ini.

Setup Error

Setup has encountered an error and cannot continue. Contact Adobe Customer Support for assistance

Internal Error 2739

Setelah mencari-cari cara akhirnya seorang kawan memberikan trik-nya untuk menghadapi masalah ini yaitu

  1. Start Menu -> Accessories -> Command Prompt -> Klik Kanan -> Run As Administrator
  2. Command Prompt akan terbuka, ganti foldernya ke C:\Windows\System32 (kalau beda)
  3. Lalu ketik regsvr32 jscript.dll ->Enter
  4. Jika berhasil akan muncul dialog box bertuliskan “DllRegisterServer in jscript.dll succeed”
  5. Kemudian coba install lagi (semoga berhasil ya.. 😀 )

Seandainya masih tidak bisa, ulang langkah ke-3 tapi yang diketik regsvr32 vbscript.dll

Jika ada yang mengalami hal yang sama seperti saya, silahkan mencoba trik ini, selamat mencoba… 😉

thanks to: leiz@kaskus.us

54 tanggapan untuk “trik: Install Adobe CS3 di Windows Vista

  1. AKU INSTAL ADOBE PHOTOSHOP CS3 NORMAL AJA TRUS P DITENGAH JALAN JUSTRU ERROR FILE ADOBE PHOTOSHOP N COMPONENT YG LAINNYA. BS KASIH TH TRIKNYA MAS! THANKS FOR YOU!

    1. sepertinya klo seperti itu masalah di crack nya… masalah crack saya ga berani share disini karena ilegal.. maaf…

    1. wah bisa tolong q tidak laptopq pki xp home q dah punyeng nich gak bisa instal fotoshop sama sekali.dapat 18% udah eror tris folder di add or remove program juga gak bisa,q coba donwload di internet gak mau instal karena tempat penyimpanannya di har disk gak sesuai please help me

      1. sebeneranya kasus arniniar saya msh bingung seperti apa, tp coba pastikan space kosong di harddisk tempat install photoshop mencukupi dan tentunya minimum system requirement juga terpenuhi.

        maksudnya folder id add or remove program apa ya?
        kemudian yg di download dari internet itu apa? maaf saya blum menangkap maksudnya

        trima kasih.. 😉

  2. saya orang awam masalah beginian.. tapi saya mu belajar.. saya mu instal di XP tapi baru dimasukin dvd nya. langsung banyak pertanyaan … rebet banget ya….

  3. saya pernah install CS3, lebih dari 1 thn saya pake, sampai suatu ketika semua Adobe ga bisa dibuka klo ga salah ada tulisan authentifikasinya…trus saya coba reinstall ga bisa…coba copy file2 dari folder Crack ga bisa juga…saya uninstall bisa, tapi pas diinstall lg ga bisa2…
    saya coba install Photoshop CS4 doang (dapet dari temen) ga bisa juga…coba instal adobe versi2 sbelumnyaa tetep ga bisa….apa udah keblokir ama Adobe ya waktu saya online? seingetku ga pernah klik UPDATE klo ada muncul tulisan minta update…ini kenapa ya???

    1. kemungkinan sih seperti itu, slnya saya juga pernah ga sengaja ke update Adobenya… cb di uninstall dlu semua software produk adobe trus fix registrinya pake CCleanner (cari di google), baru install lagi Adobenya.. met mencoba, tp klo gagal cb search2 d google lg.. hehehehe.. 😀

  4. saya pernah install adobe photoshop cs3, tapi keygen nya ga seperti adobe photoshop yang versi lama, cuma ada cd key itupun ga bisa di masukan, bagaimana cara install adobe phtoshop cs3
    apakah ada perbedaan dengan versi yang lama, saya masih belum mengerti juga,
    thanks atas informasinya diatas
    salam sejahtera slalu

    1. klo saya pake pake cs3 ga pake cd key jd ga perlu keyen, cm masukkin “jamu”-nya hehehehe.. (maaf adobe saya blom mampu beli yang versi ori)

  5. mas haidar kok saya masih belum bisa juga ya install cs3 ke laptop saya OS windows Vista Home Premium??? saya udah ikutin langkah2 yang diberitahu mas haidar.

    tapi saya coba install ke pc saya yang pake OS XP bisa.

    Kenapa ya mas?? bisa bantu lebih lanjut ga??

    thanx ya

    1. saya sudah masukkan script tersebut lalu intall berhasil tp pas mo buka CS3 baru 1 detik langsung ketutup lagi n begitu seterusnya. kenapa ya? apa kalo pakai vista home premium yg original memang begitu? saya pusing banget neh soalnya mesti ngerjain tugas2.

      1. coba uninstall dlu, trus pake jlnin cccleaner buat bersihin smua registri baru install ulang dengan cara2 yang saya kasih.. kemungkinan ada registry yg ga beres ato bisa juga karena hardware ga kuat.. ya kamu tau sendirikan vista rakus resource banget apa lagi ditambah Photoshop CS3 juga rakus resource..

        gut lak yaaa..

  6. aku pake vista home premium
    tiap kali install Photoshop CS3/CS4 selalu gagal…
    setelah klik setup, kemudian saya klik allow…tapi setalah itu tidak ada yang muncul…biasanya akan muncul proses instalasasinya tapi ini tidak ada samasekali juga tidak ada pemberitahuan error or something, pokoknya gak ada petunjuk.

    Mohon bantuannya….
    Makasih

    1. ada beberapa kemunkinan
      1. setup photoshopnya rusak sehingga proses ga bisa dijalankan,
      2. minimun requirement photoshop-nya tidak terpenuhi jadi dy ga mau install (saya juga pernah seperti ini ketika instaal game).

      untuk mendeteksi masalahnya pertama kmu cek dlu system requirement minimum dari photoshop cs3/cs4 apakah hardware kamu sudah memenuhinya.

      lalu supaya tau apakah setup photoshopnya bermasalah atau tidak, bisa dilakukan install menggunakan setup yang sapa pada komputer yang berbeda.

      selamat mencoba….

  7. kalau saya sudah berhasil install photoshop tapi ga bisa dijalankan. Tulisan Errornya :
    Can’t find Workspace folder

    Kalau kaya gtu knapa yah?
    Mohon balasannya.

    Terima Kasih.

    1. coba diperjelas, message itu muncul ketika ngapain?

      klo pas pertama kali di jalanin photoshop, apakah setelah ditutup error message itu ps juga ikut tertutup ato ga. klo ikut tertutup, coba rapikan registry pake CCCleaner. tp klo tetep jalan, coba buka 1 dokumen garu tus di save sebagai psd di my document.

      ditunggu update-nya yaaa.. 😀

  8. berlaku juga buat windows 7 ga mas? saking putus asanya saya cobain juga. sekarang nyoba install ulang lagi.

    1. silahkan dicoba d win 7 kemungkinan berlaku karena kernel-nya win vista ama win 7 (hampir) sama… 😉

  9. mas punya gw kok gak succes yam……………….dah dicoba berkali kali sama aja
    tetep gamau tulisannya uncompleted terus, dah nyoba cd laen sama ajah…….
    tolong dunk………..

  10. halo tolong bantuannya donk
    aku mau beli laptop buat programing(baru kuliah informatika jadi butuh laptop)+edit2 video
    spesifikasi laptop yang seperti apa yang harus aku beli
    thanks….

    1. untuk programming, makan resources-nya terlalu rakus koq, yg rakus itu biasanya yg berhubungan dengan grapics… disarankan laptop yg tidak shared memory untuk grafisnya.. apalagi klo uda edit2 video, pas nge-render biasanya makan resources lumayan banyak. 😉

      klo untuk proc ama memory, paling ga proc > 1,5Ghz (dual core), memory > 1GB

    1. seharusnya bisa dan tidak ada masalah, silahkan dicoba, jika ada masalah mohon sampaikan disini..

  11. di comment atas ada yg kasusny sama kaya ane, jdi setelah klik setup ga mncul apa2, juga ga ada pemberitahuan error apapun, tp pas ane coba di xp bisa, ap adobe cs3 ga bisa instal di vista home basic ya gan?

  12. Mas Haidar, tolong bantuannya,

    aq install after effect cs3 di win7,
    proses intalasi berhasil, aktivasi jg berhasil (pake keygen), tp pas jalanin program ga bisa,
    muncul pesan “Product License has expired”.

    Aq udah coba setting tahun windowsnya ke thn 2007, dan berhasil dibuka after effect-nya, tp efeknya windows jd ga genuine, jd harus disetting balik tahunnya,
    trz direstart biar bs genuine lagi.

    Ada cara lain ga, biar ga repot hrs bolak-balik setting thn?
    terima kasih bantuannya..

  13. Mas, saya uda ikutin smua stepnya tp tetep ga bisa. ttp klrnya setup has encountered an error and cannot continue. gmn ya? gw pk xp sp2.

  14. mas haidar..saya instal adobe photosop CS3 di labtop windows 7, pas lg loading setup eh muncul pesan critical error were found in setup. -sesion has dependencies that cannot be satisfied. Please see the Setup log file for details.

  15. saya dah ikutin semua caranya, tapi setiap klik setup langsung error….

  16. mau tanya Bro, aq uninstall photoshop cs4 di laptop, tapi di contrl panelnya logo photoshopnya masih ada dan ketika di uninstall lagi gak trjadi apa2 alias logonya ttap exist disitu, pas mau instal lagi photoshopnya gak bisa, ada tulisan u can only install for one time etc.. padahal programnya udah sama sekali gak bisa jalan…
    itu gimana ya Bro..?
    mohon jwbannya trima kasih banyak sebelumnya

    1. sepertinya ketika uninstall ada yang masih tertinggal sehingga pada control panel masih muncul.

      coba gunakan ccleaner > http://www.piriform.com/CCLEANER lalu download dan install setelah diinstall pilih tab Cleaner, lalu klik tombol RUN CLEANER. dan jika ingin merapikan registri pada PC anda pilih tab Registry lalu klik tobol Scan for Issues dan lanjutkan Fix Issues… silahkan dieksplorasi aplikasi tersebut.

  17. mas saya pake OS windows 7 terus instal photoshop cs3 tapi keluar kotak dialog “Install Alert” “please insert photoshop cs3 to continue installation” maksutnya apa ya kira2 padahal pemberitahuan itu keluar saat penginstalan berjalan, artinya kan sudah saya masukkan programnya. Terus saya coba ikuti instruksi mas diatas yaitu klik kanan pada accessoris>run as administrator. tapi saya rubah yang asalnya “C:\Users\acer>” ke “C:\Windows\system32>” kok ndak bisa, apa mungkin saya yang ga tau caranya ya….. mohon bantuannya

    1. bang izzul saya tau tuh kenapa, karena dua hari yang lalu saya juga mengalami masalah tersebut, dan saya mengcopy dahulu CS3 nya di LD D, dan setelah itu kita jalankan setup di LD D, dan proses akan berjalan, itu yang saya tau dari pengalaman saya,

  18. saya maw instal photoshop cs 3 di windows 7 tapi pada saya tidak bisa mencentak Photohshop cs 3 (warna abu2 tidak bisa di klik, ada tulisan system chek), padahal saya cuman memakai 1 windows yaitu win 7

    1. dear saudara heraman, kemungkinan permasalahan ada pada file setup photoshopnya. solusi, cari setup photoshop lain.

  19. om saya mau nanya ni, kenapa ya CS 3 saya gak bisa di instal di Vista, tapi kalo di Xp bisa, padahal saya dah upgrade memory ram 4 GB, dan saya mememakai kepingan CD yang baru 1 hari saya burn, kasi tau solusinya ya ??? jawaban anda sungguh sangat bebarti buat saya.

    1. pastikan semua requirement photoshop terpenuhi di PC yang akan diinstall dan juga ada kemungkinan masalah pada installer photoshop anda

  20. kalo windows 7 ga bisa nginstall adobe photosop cs 4 gimana ya, ada solusi ga

  21. terimakasih yang sebesar-besarnya , ,,potosop cs3 nya sudah bisa di install …. sukses selalu buat haidar ahmad,, ,n mhon maaf lahir dan batin,,,

  22. luar bisa caranya mujarab mas bro untuk jawaban yang
    “bang izzul saya tau tuh kenapa, karena dua hari yang lalu saya juga mengalami masalah tersebut, dan saya mengcopy dahulu CS3 nya di LD D, dan setelah itu kita jalankan setup di LD D, dan proses akan berjalan”

    1. aku ada kendala nih saat install master cillection cs3 pas wktu install ada tulisan please insert cs3 master cillection Disc 1 into Drive D

      cara diatas aku uda coba tpi kurang jelas mhon di perjelas biar aku paham

Komentar ditutup.