22 April, Hari Bumi… Tapi…


Sedang browsing tidak sengaja menemukan kalimat “Selamat hari Bumi”, lalu saya mencari tahu apa benar tanggal 22 April adalah hari bumi? dan hupla.. yups 22 April adalah Earth Day atau hari bumi yang diperingati tiap tahunnya diseluruh dunia. Tujuan diperingatinya hari bumi ini adalah untuk mengajak kepada seluruh penduduk bumi agar lebih peduli terhadap lingkungan. Namun bagaimana kondisi nyatanya? Apakah peringatan Hari Bumi ini cukup berpengaruh?

Hari bumi telah diperingati sejak 1970, dan sekarang telah tahun 2009 tetapi sepertinya kesadaran akan keadaan lingkungan hidup masih sangat tersegmentasi. Ada sekelompok orang yang sangat concern pada keadaan lingkungan hidup namun ada juga sekelompok orang yang sangat tidak peduli terhadap keadaan lingkungan hidup bahkan cenderung merusak namun ada juga sekelompok orang yang hanya menerima nasib. Idealnya setiap orang harus marasa peduli terhadap kondisi lingkungan hidup, namun mau gimana lagi, berbagai alasan pasti saja tertuang untuk tidak peduli terhadap lingkungan.

Menurut saya untuk menjaga lingkungan tidaklah sulit, namun yang lebih sulit adalah mengajak orang-orang disekitar kita untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Butuh kesadaran dari dalam dirinya, Tindakan penyelamatan bumi tidak bisa dilakukan hanya oleh segelintir orang, namun dibutuhkan gerakan secara keseluruhan dan partisipasi seluruh penduduk bumi. Mari selamatkan bumi dan jadikan bumi menjadi tempat tinggal yang lebih nikmat…

Iklan